logo mahkamah agung website ramah difable
KEGIATAN PENGADILAN NEGERI KUDUS

Rapat Bulanan Bulan Agustus dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

21 Ags

Kudus - Pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 sekitar pukul 09:00 WITA Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB mengadakan Rapat Bulanan Bulan Agustus sekaligus Rapat Tinjauan Manajemen Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB yang berlangsung di ruang Rapat Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB yang di ikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Kudus Yang Mulia Ibu Hj. Frida Ariyani, S.H., M.Hum, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kudus Bapak Rudi Fakhrudin, S.H,Para Hakim, para pejabat Struktural dan Fungsional beserta Staf dan Honorer Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB.

Rapat Tinjauan Manajemen dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Kudus. Kemudian dilanjutkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kudus Bapak Fakhrudin Abbas, S.H (Selaku MR) .

Adapun Rapat Bulanan dan Rapat Tinjauan Manajemen tersebut membahas pokok pembahasan sebagai berikut :

1.Hasil Assessment Internal : Berdasarkan pelaksanaan Assessment Internal (dengan Materi: SOP, produk serta lingkungan), dapat disimpulkan bahwa pada pokoknya masing-masing bagian telah berorientasi pada proses pemenuhan sasaran mutu yang sudah ditetapkan dan melengkapi standar sistem manajemen mutu pelayanan Pengadilan Negeri Kudus secara lengkap dan menyeluruh sedangkan dari hasil Assessment Internal ditemukan adanya ketidaksesuaian yang bersifat Minor dan dari hasil Verifikasi ketidaksesuaian tersebut telah ditindaklanjuti dan dipenuhi maka temuan ketidaksesuain dapat dinyatakan ditutup.

2.Umpan balik customer (survey kepuasan dan komplain) : Umpan balik dari pengguna Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB yang telah diperoleh dari Survei Kepuasan Pelanggan sebagaimana dimaksud di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017, didapatkan hasil bahwa dalam Survei Kepuasan Pelanggan pada Periode Januari 2018 s.d April 2018 di Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB, didapatkan skor 81,89% atau berada di kategori “SANGAT BAIK” dan telah mengalami peningkatan dari skor sebelumnya yaitu 81,26%. Hal ini menandakan telah terdapat peningkatan layanan yang telah dilakukan oleh seluruh unsur Pimpinan beserta Aparatur di bawahnya di Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB. Dalam survey pada tahun 2017 Periode September 2017 s.d Desember 2017 di Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB, seluruh unsur pengadilan beserta staf dan karyawan menargetkan hasil yang maksimal yaitu Kategori A atau kriteria Kinerja Sangat Baik atau bila dikonversikan dengan angka yaitu 81,68% berada pada kategori “SANGAT BAIK” (pada interval 81,26 % s/d 100 %).

3.Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan : Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan Sistem Manajeman Mutu Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB sudah cukup memuaskan namun masih harus selalu ditingkatkan, agar unsur yang telah sangat baik (fasilitas gedung yang megah beserta ruangan-ruangan pendukungnya termasuk yang terbaru PTSP, dan kemudahan mendapatkan informasi) dapat dipertahankan, sementara unsur yang masih rendah nilainya (perilaku petugas serta ketaan terhadap standar operasional prosedur pelayanan) dapat ditingkatkan, sehingga dalam survey mendatang diharapkan menjadi lebih baik lagi.

4.Tingkat pencapaian sasaran mutu : Tingkat pencapaian sasaran mutu pada semua unit kerja pada dasarnya sudah memenuhi capaian memuaskan apabila dilihat dari sasaran mutu yang telah ditentukan dan hal ini dapat dijadikan sebagai dasar dan bahan melakukan evaluasi kinerja untuk meningkatkan tingkat pencapaian sasaran mutu Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB yang pada akhirnya bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat;

5.Tindak lanjut dari hasil manajemen review sebelumnya : Tindak Lanjut terhadap Hasil Manajemen Review Sebelumnya terdapat peningkatan dan ke depan tetap harus ditingkatkan. Hasil Kepuasan Masyarakat yang diwujudkan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat dijadikan sebagai dasar dan bahan untuk melakukan evaluasi kinerja oleh seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB, mulai dari Pimpinan, Hakim, Pejabat Stuktural dan Fungsional, Karyawan dan Karyawati serta seluruh tenaga honorer Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB. Pada akhirnya hal ini juga bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Survey Kepuasan Masyarakat ini hendaknya dilakukan secara periodik minimal dua tahun sekali dengan jumlah responden yang semakin banyak agar lebih representatif mewakili penilaian masyarakat terhadap kinerja Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB

6.Perubahan yang memperngaruhi sistem manajemen mutu : Perubahan yang dapat mempengaruhi Sistem Manajemen Mutu harus dapat ditekan sekecil-kecilnya agar pelayanan kepada masyarakat meningkat demikian pula dengan kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB juga semakin meningkat;

Beberapa tantangan bagi Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan baik di antara dalam aspek-aspek sebagai berikut :

1. Aspek Proses Peradilan • Terlambatnya relaas delegasi panggilan / pemberitahuan yang diterima Pengadilan Negeri Negeri Kudus Kelas IB dari Pengadilan yang diminta bantuan delegasi mengakibatkan Minutasi serta Pengiriman Berkas Upaya Hukum menjadi terlambat dari tenggang waktu yang ditentukan.• Para Pihak sering tidak mematuhi jadwal persidangan sehingga berdampak pada lambatnya pelaksanaan sidang dan percepatan penyelesaian perkara.

2. Aspek Pengawasan dan Pembinaan • Belum optimalnya Sistem Pengaduan Masyarakat yang berbasis Teknologi Informasi (SIWAS) karena masyarakat banyak belum mengetahui bahwa setiap Pengadilan sudah memiliki sarana Pengaduan secara Online.:

3. Aspek Sarana dan Prasarana • Anggaran DIPA untuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana belum sesuai dengan kebutuhan sehingga terdapat beberapa Sarana dan Prasana yang tidak maksimal pemeliharaannya

Kemudian setelah rapat dilanjutkan dengan Rapat Bulanan Periode Agustus 2018. Rapat ini dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kudus Kelas IB, Yang Mulia Ibu Hj. Frida Ariyani, S.H., M.Hum. Beliau memberikan arahan diantaranya tentang selalu menjaga kedisiplinan baik dalam setiap tanggung jawab.

Rapat bulanan juga membahas laporan hasil pengawasan dari masing-masing Hakim Pengawas. Semua hasil pengawasan ditindak lanjuti dan dijadikan sebagai catatan untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan. Sehingga semua masalah yang ada dapat teratasi dengan baik dan benar sesuai dengan harapan.